Bagaimana Cara Membaca Standar AWS pada Kawat Las

Sebagian orang masih belum tahu bahwa kawat las atau elektroda yang biasa digunakan dalam pengelasan ternyata banyak sekali ragamnya. Hal ini disesuaikan dengan material penyusun nya dan juga penggunaannya. Salah satu standar yang sangat familiar digunakan untuk bisa menentukan jenis kawat apa yang digunakan adalah AWS.

AWS sendiri merupakan kepanjangan dari American Welding Society yang merupakan suatu badan resmi di Amerika serikat yang fokus pada pengelasan. Berbagai standar yang sudah di buat AWS ini dipakai oleh berbagai negara yang ada di dunia, termasuk salah satunya Indonesia.

Membaca Standar AWS

Nah untuk menentukan jenis kawat ini, biasanya AWS mengeluarkan tanda atau kode E XXXX. Lalu bagaimana cara membaca kode yang satu ini?

  • Pertama untuk huruf E, ini menunjukkan keterangan elektroda yang digunakan.
  • Kemudian untuk XX atau dua angka pertama, hal ini memberi informasi terkait kekuatan tarikan yang dimilikinya.
  • Sementara untuk X angka ketiga menunjukkan posisi pengelasan yang dapat dilakukan.
  • Dan X angka terakhir merujuk pada arus dan jenis pelapis yang bisa digunakan pada elektroda tersebut.

Kode ini biasanya berlaku untuk pengelasan Mild Steel. Untuk proses pengelasan Stainless Steel atau Low Alloy Steel biasanya agak sedikit berbeda karena ada tambahan lagi kode di belakangnya.

Nah bagi siapa saja yang saat ini sedang mencari berbagai jenis kawat las, Kami menyediakannya. Jika masih membutuhkan informasi lebih lanjut atau ingin bertanya-tanya terlebih dahulu, silahkan hubungi Kami sekarang juga.